Home / BERITA / KPU Indramayu Adakan Sosialisasi Kegiatan Teknis Tahapan Verifikasi Faktual

KPU Indramayu Adakan Sosialisasi Kegiatan Teknis Tahapan Verifikasi Faktual

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu mengadakan sosialisasi kegiatan teknis persiapan tahapan verifikasi faktual calon perseorangan kepada panitia pemungutan suara (PPS) yang dimulai selama 5 hari dari tanggal 18 s.d 22 Juni 2020 dan bertempat di Aula lantai 3 Hotel Wiwi Perkasa 2. Kegiatan tersebut dihadiri seluruh komisioner KPU Indramayu dengan pesertanya adalah anggota PPS se-Kabupaten Indramayu yang terbagi dalam beberapa sesi.

Dalam sambutannya ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni menyampaikan selamat kepada anggota PPS yang telah dilantik. Selain itu dalam kegiatan teknis persiapan tahapan verifikasi faktual calon perseorangan ini perlu diperhatikan dengan sebaik mungkin karena akan menjadi bekal untuk melaksanakan kegiatan verifikasi faktual.

Selanjutnya penyampaian materi terkait protokol kesehatan dilakukan secara bergilir oleh Pitrahari, Masykur, dan Dewi Nurmalasasi. Dikarenakan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 ini dilakukan dalam kondisi bencana nonalam covid-19, sehingga penyelenggara, peserta, dan pemilih diwajibkan mengutamakan prinsip kesehatan dan keselamatan dalam setiap tahapan Pilkada 2020.

Lebih lanjut, khusus kepada para petugas penyelenggara yang akan melaksanakan tugasnya maka wajib mengenakan alat pelindung diri (APD) minimalnya menggunakan masker dan bila perlu memakai APD yang lebih lengkap dengan menambahkan sarung tangan dan pelindung wajah (face shield).

Kemudian penyampaian materi terkait teknis kegiatan verifikasi faktual disampaikan oleh Fahmi Labib, bahwa tahapan verifikasi faktual dilakukan selama 14 hari, dengan petugas verifikator yang terdiri dari 6 orang (3 anggota PPS dan 3 sekretariat PPS), sedangkan yang mendapatkan lebih dari 1.000 jumlah dukungan maka bisa mengangkat petugas tambahan dari unsur RT dan RW. Selain itu dijelaskan juga mengenai langkah-langkah verifikasi faktual baik dalam kondisi pendukung yang dapat ditemui atau tidak dapat ditemui.

About KPU Kabupaten Indramayu

Website Resmi KPU Kabupaten Indramayu
x

Check Also

PPDP Kabupaten Indramayu Jalani Rapid Test

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu dalam rangka pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih ...